Skip to main content

PUISI NIDRA

PUISI NIDRA
Puisi nidra. Apa maksud dari kata nidra, dalam bait puisi ini nidra sebuah adalah nama peran yang di ceritakan dalam bait bait puisi di bawah atau objek dari sang penulis puisi,  ketika menulis puisinya

Tetapi ada juga yang di sebut yoga nidra yang berarti, yoga ketika tidur, atau bisa juga cara tidur seorang yogi. menurut kepercayaan hindu. Yoga Nidra adalah tetap menjaga kesadaran dan melaksanakan dharma, walaupun dalam keadaan tidur. Pengalaman kematian adalah identik dengan svapna atau keadaan mimpi.

Dalam keadaan bermimpi (svapna), disebut taijasa, yang berinteraksi dengan obyek dalam atau merasakan obyek halus dari kejadian alam pikiran. Tujuan dari Yoga Nidra adalah sebagai pelatihan atau semacam pelatihan untuk menempuh perjalanan yang baik di alam kematian. Begitulah kira pengertian yoga nidra dalam kepercayaan Hindu.

Berkaitan dengan kata Nidra, berikut ini puisi tapi bukan tentag kepercaya namun nidra pada judul puisi ini hanya orang atau objek sang penulis, berikut ini puisinya.

PUISI NIDRA
Karya : Lufty Better Swaka

Deru suara malam henyak kanku dari lamunan...
Sang sabit mulai mengintip disela sela ranting tak berdaun...
Membentuk kerangka bak cakar yang ingin mencabik ubun ubun...
Menjadi pongah aku menatap kosong dalam hayalan...

Pembaringan bisu yang sudah tak tertata lagi...
Berharap ada yang singgah sejenak menemani...
Sesosok hawa yang pulas polos dan berseri...
Tak akan kubangunkan hingga fajar mulai nampak nanti...

Mimpiku akan nidra dari nirwana...
Membawa sebongkah hati yang merah merona...
Kan kukecup jenjang pundak itu lalu kubelai manja...
Kupastikan tak akan ada yang dapat hentikan bahasa rasa...

Ah... itu hanya hayalan jenaka...
Tak pernah ada nidra dari nirwana...
Biarlah kan kuciptakan sendiri tanda bahagia...
Kupeluk erat dalam setiap desah nafasnya...

nidra
(201015)

Demikianlah puisi Nidra. Simak/baca juga puisi puisi yang lain di blog ini. Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya yah... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label aneka puisi. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.