Skip to main content

Cara Menulis Puisi Dan Tujuannya

Cara Menulis Puisi Dan Tujuannya
Cara menulis puisi dan tujuannya. Menulis sudah pasti mempunyai suatu tujuan, yang biasa dianggap pentinga dan berkesan, dan menulsi yang di jelaskan disini adalah tentang cara menulis puisi dan tujuannya. Langsung saja tak usah basa basi, cara dan contoh penulisan puisi yang baik, nanti malah ngga jadi baca jika kepanjangan ulasan, sebab kebanyakan orang mencari hal hal yang langsung inti, nah cara menulis puisi dan tujuannya langsung disimak saja langkah langkah membuat puisi, berikut ini,
  1. Cari tema puisi yang ingin kita buat,Apakah tema alam, tuhan, ibu atau sahabat.
  2. Gunakan potensi hati untuk menulis,Potensi hati dapat digʌmbarkan bagaimana kondisi atau suasana hati ketika itu. Apakah sedih atau senang. Perlahan-lahan jangan dipaksa.
  3. Bisa memanfaatkan suasana lingkungan. Duduk ditempat yang menyenangkan bagi kita. Dibawah pohon, diteras rumah, didalam kamar.dll.
  4. Mulailah bermain dengan dunia imajinasi. Bayangkan seolah-olah kita sedang masuk kedalam apa yang kita bayangkan. Kita ingin menulis tentang ibu. Berimajinasilah dengan membayangkan wajah ibu. Pengorbanan ibu. Kasih sayang ibu. Deskripsikan/gʌmbarkan dengan perlahan-lahan santai dan tidak perlu tergesa.
  5. Ungkaplah apa yang sudah kita rasakan, pengolahan hati sangat menentukan kata-kata yang dihasilkan.
  6. Jangan terlalu terburu-buru mengedit untuk menghapus kalimat yang tidak menarik, biarkan sampai akhir dalam menulis.
Cara Menulis Puisi Dan Tujuannya

Bagaimana menciptakan rasa/minat menulis:

  1. Puisi itu membutuhkan hati dan logika. Tetapi yang lebih banyak berkerja adalah hati. Logika hanyalah bagian kedua untuk menyempurnakan kalimat yang dirangkai. Saat hati sudah berbicara maka akan terujudlah yang namanya ungkapan perasaan dan kemudian kita kenal dengan puisi.
  2. Semua orang bisa menjadi ahli dalam puisi atau cerpᥱnis, hanya saja kita tidak/kurang yakin dengan kemampuan yang kita miliki.
  3. Semua orang punya potensi untuk membuat satu/lebih puisi yang indah, yang kita butuhkan dalam hal ini adalah bagaimana kita bisa mengolah kata-kata menjadi untaian kata mutiara/ungkapan hati yang menarik.
  4. Kita harus membiasakan bagaiamana cara untuk menulis yang baik, dengan memperbanyak membaca buku, memperbanyak membaca puisi/cerpen orang lain.
Tujuan menulis
  1. Untuk meciptakan satu karya yang bernilai.
  2. Untuk menuangkan perasaan dalam bentuk lembaran-lembaran kertas.
  3. Untuk mengenalkan diri kita kepada orang lain jika kita punya satu potensi untuk menulis.

Beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang penulis:
  1. Jangan malu dengan hasil karya yang kita buat
  2. Yakin jika bisa, Jangan pernah berpikir jika kita lemah.
  3. Berlatih , bosan menulis.
  4. Jangan mudah berputus asa jika kita belum menemukan kata-kata yang menarik,

Menulislah dengan, rasa perasaan,

Ini berhubungan dengan kondisi hati, apakah perasaan kita ketika itu sedang sedih, senang, suka, duka, derita, bahagia dll. Rasa (perasaan) tidak bisa dibuat-buat. Ia akan timbul dengan sendiri, datang secara natural/alami.

Jangan dipaksa.
Sering kali seorang penulis puisi terbelenggu ide-idenya, karena apa? Karena mereka terlalu memaksa rasa untuk muncul. Memaksa untuk menghadirkan ide-ide dari rasa yang datang tidak secara natural, akibatnya seorang penulis puisi akan kesulitan menemukan kata-kata atau ide-ide dan jika  puisi yang dihasilkan nantinya tidak juga tampak natural (tampak dipaksa kata-katanya) hingga hasilnya tidak maksimal.

Demikianlah. Cara menulis puisi dan tujuannya Selanjuntnya untuk Menulis Puisi Puisi Yang Baik semoga bermanfaat.

Sumber: dari berbagai sumber.