Skip to main content

Kumpulan contoh puisi tentang sahabat dan persahabatan untuk persaudaraan

Kumpulan contoh puisi tentang sahabat dan persahabatan untuk persaudaraan

Puisibijak.com - Daftar judul puisi tentang sahabat dan persahabatan untuk persaudaraan antara lain:

  1. Puisi sahabat
  2. Puisi untuk sahabatku
  3. Puisi sahabat sejati
  4. Puisi berlalu begitu saja
  5. Puisi sahabat itu
  6. Puisi kesetiaan sahabat
  7. Puisi terimak kasih sahabat
  8. Puisi terima kasihku untukmu sahabat
  9. Puisi arti sahabat
  10. Puisi sahabat sejati II
  11. Puisi untukmu sahabat hebat
  12. Puisi sabarlah sahabatku
  13. Puisi nasihat sahabat
  14. Puisi sahabatku
  15. Puisi puisi sahabat II
  16. Puisi genggam tanganku sahabat
  17. Puisi antara sahabat
  18. Puisi sebuah ungkapan untuk sahabat

Delapan belas puisi tentang persahabatan yang mengharukan dan puisi untuk persaudaraan dalam puisi tema sahabat.

Kumpulan contoh puisi tentang sahabat dan persahabatan untuk persaudaraan adalah rangkaian karya puisi kebersamaan teman yang menceritakan nilai penting persahabatan, kekuatan hubungan dan solidaritas di antara individu yang seperti saudara.

Sebagaimana Pengertian sahabat adalah seseorang memiliki arti penting dalam kehidupan yang terkadang melebihi saudara sendiri, tentang hal ini yang diulas puisi persahabatan dan persaudaraan dalam puisi bertema sahabat

Dalam kumpulan puisi persahabatan dan persaudaraan ini, mengeksplorasi tema seperti kepercayaan, kesetiaan sahabat sekolah, hubungan teman, persaudaraan dan persahabatan yang menjadi cara yang indah untuk menghormati dan mengapresiasi teman-teman yang telah bersama dalam perjalanan kehidupan.

Kumpulan puisi tentang sahabat atau puisi sederhana tentang persahabatan atau puisi persaudaraan juga mengulas tentang arti sahabat sejati hingga kebersamaan teman.

Kumpulan puisi bertema tentang sahabat dan Persahabatan untuk persaudaraan

Bagaimana kata-kata puisi untuk persahabatan dan makna di balik rangkaian puisi tentang persaudaraan yang dipublikasikan blog puisi dan kata bijak.

Untuk lebih jelasnya disimak saja beberapa puisi untuk sahabat, baik puisi sahabat pendek maupun puisi tentang sahabat untuk anak SD 2, 3, 4 bait dibawah ini.

PUISI SAHABAT

Sahabat. . . .
yang menemaniku disaat sedih,,
yang menghiburku diwaktu pilu,,
yang selalu ada dikala kubutuhkan,,
yang tetap setia walau kumendua,,

Sahabat . . .
aku merindukanmu,,
ingin kutumpahkan semua beban ini padamu,,
ingin kuungkapkan semua keluh-kesahku padamu,,
ku ingin kau tetap dan slalu menemaniku,,

Sahabat. . .
di manakah kau berada kini ??
masikah kau ingat diriku ??


PUISI UNTUK SAHABATKU

Sahabatku,,,
Dirimu sangatlah berarti bagiku
Karna dirimulah aku menjadi
Sesosok orang yang tegar
Orang yang percaya akan
Kemampuannya sendiri

Sahabatku,,,
Dirimu adalah orang yang terindah
Dalam hidupku,,, aku tak berarti
Bila tanpamu sahabat,,,
Hanya dirimu yang membuatku untuk
Menjadi diri sendiri

Sahabatku,,,
Cintamu,,, sayangmu,,,kasihmu,,,
Kesetiaanmu,,, begitu tulus padaku
Meskipun terkadang diriku
Begitu egois padamu
Karna keegoisankulah
Yang membuatmu untuk
Tetap setia padaku

Trima kasih wahai sahabatku
Karna dirimu adalah
Harta yang tak ternilai harganya,,,


PUISI SAHABAT SEJATI

Aku sedih, kau menghibur
Aku kecewa, kau membuatku senang
Dan bila aku tak bisa
kau pun mengajari
Sahabat,

Kau bagai malaikat bagiku
Kau bagaikan bidadari untukku
Semua kebajikan ada padamu
Sahabat….

Satu pintaku untukmu
Yaitu janji selalu erat
Tak pernah terpisah
Seumur hidup kita


PUISI BERLALU BEGITU SAJA

Tiada aku di ingat lagi oleh sahabat lama
Seakan aku tidak pernah menjadi temannya
Semuanya berlalu begtu saja

Rasanya aku sudah terlupakan dalam buku persahabatannya
Juga hilang tertimbun rongsokkan sampah
Hingga akhirnya aku tidak terkenang oleh sahabat ku lagi
Aku coba untuk mencarinya dan bahkan menemuinya
Supaya aku jangan di lupaknnya

Namun seribu kali sayang harapan itu tidak aku dapakan
Setelah sekian lama akhirnya aku betemu dengan sahabat ku
Saat aku duduk disampingnya bahkan sahabat ku
Tidak lagi memperdulikan kehadiran aku

Malahan dirinya sibuk dengan orang yag dianggap
Sangat berarti dalam hidupnya saat itu
Dia abaikan aku saat pujaan hatinya menghubungi lewat udara
Dia ketawa begitu bahagia seakan aku tidak ada disampingnya

Itu semua terus berlanjut hingga aku pergi tanpa berpamitan kepadanya
Setalah kejadian itu baru aku sadari siapalah aku ini bagi dirinya
Hanya sehelai kertas yang tidak ada artinya
Hanya seonggokan daging yang tidak ada harganya

Hanya segenggap kabut yang tidak ada nilainya
Mungkin ini kah suratan garis kehidupan harus aku jalani
Sahabat ku terima kasih untuk selama ini
Telah bersedia bersama aku


Puisi Sahabat itu
Puisi Ungkapan Hati

Sahabat itu bukan selalu ada menemani raga tapi nyatanya tak bisa sejiwa..
Bukan katanya yang selalu ada dalam suka..
Tapi tepatnya selalu berada dalam setiap masa..
Masa terindah dan masa tersulit..
Bukan dia yang banyak menuntut, tapi dia yang selalu menuntun kejalan menuju ketentraman kenyamanan kesahajaan..

Sahabat itu...
Dia selalu berada beriringan disebelah tepatnya bukan didepan yang memimpinimu atau berada dibelakang yang mengekorimu..
Tapi dia selalu bergandeng tangan bersama tanpa mau menduluanimu atau meninggalkanmu..

Sahabat itu memeluk..
Saling Menguatkan..
Bukan Menjatuhkanmu..
Dia selalu mengenggammu saat kau butuh dukungan..
Bukan dia yang memvonismu tak mampu berbuat apa-apa..

Sahabat itu saling memberi dan dapat saling menerima..
Membagi kebahagiaan bukan hanya sekedar kesedihan..
Dia yang selalu membawamu melupakan kepedihan..
Dia yang selalu kau rindukan riangnya..
Dia yang selalu kau rindukan nasehatnya..

Banyak hal yang bisa kita ciptakan bersama-sama..
Banyak hal yang bisa kita coretkan pada buku harian kita..
Banyak hal yang bisa kita ceritakan pada dunia..
Aku kau dia adalah sahabat..
Tetaplah begitu sepanjang usia nanti..
Sampai kita menjadi tua..
Sampai kita benar-benar berakhir..


PUISI KESETIAAN SAHABAT

Hari ku yang dulu sepi menjadi berarti,
Wajahku yang dulu curam kini jadi indah berseri,
Kesedihanku yang memuncak telah ter0bati,
Semua hilang ketika kau muncul sebagai
penglipur hati.
Sahabat…,
Terimakasih atas kesetiaan yang begitu bulat,
Hingga aku merasakan makna atas segala
nikmat,
Bahkan aku bisa mengangkat jiwa dengan kuat,
Satu lagi, kau selalu membuatku senantiasa
semangat.
Ketika aku sedang bingung,
Hingga aku mulai merenung,
Kau datang menyemangatiku sampai berdayung
dayung,
Dan lagi semangatku terbang bak sayap burung.
Satu yang selalu kuinginkan,
Yakni ingin bersamamu melewati rintangan,
Rintangan hdup yang datang bergantian,
Kemudian…,
Kau bersamaku mengejar impian.


Puisi Terimakasih Sahabat

Cuacanya terang
suasananya tenang
bikin hati jadi senang
tatkala banyak teman datang
kesepian batin jadi hilang.

Engkau jadi penawar rindu
saat rindu hati makin menggebu
ku peluk tubuhMu dengan erat
hilanglah kesedihan walau sesaat.

Meski hanya 2 jam saja
pertemuan ini jadi kenangan
obrolan hangat kita bersama
jadi penyemangat ku dikala duka.

Terima kasih sahabat
kembalilah jika sempat
temui aku di ibu kota
datanglah kapan saja
pintu rumah ini senantiasa sllu terbuka
untuk kalian para sahabat yang jauh disana.

By : Vina.


PUISI TERIMA KASIHKU, UNTUKMU SAHABAT

Saat aku hanyut dalam airmata
Kau datang berbagi arti makna derita

Kau bantu aku keluar dari lautan lara
Kau rela menjadi tepi dilautan bara

Kau rengkuh aku saat hati mulai terbakar
Oleh amarah dendam yang mengakar

Sahabat kau ajarkan aku arti hidup
Kau datang disaat pelitaku mulai meredup.

Untukmu aku ucapkan terima kasih sahabat
Engkau memang sahabat terhebat

Kumpulan puisi tentang sahabat

Sari
Bontang,Des 14


PUISI ARTI SAHABAT

Bagiku sahabat adalah,
Tempat dimana saya bisa menangis
Tersedu-sedu tanpa harus malu

Kemudian kita bisa tertawa sampai menangis bersama
Dia juga tau tentang kebusukan,dan ketololan kita
Tapi dia tetap berjalan di samping kita

Aku lebih nyaman bersahabat dengan kaum lelaki dibanding wanita
Karena saya tak perlu memasang topeng didepan mereka
Dan satu yang kusuka dari lelaki,mereka tak pernah ember...


Puisi Sahabat Sejati

waktu akan berjalan semestinya
berputar sesuai porosnya yg tersakiti bukanlah angka mati
embun pagi masih menetesi
kening lembutmu penuh asih

sebutir kegembiraan malam tadi
ikhlas tulus dari hati
sedari dulu, kini, dan esok akhir nanti
kaulah Sahabat sejati
selamat pagi nusantara

25/12/2014
Kata Tak Bertuan

PUISI UNTUKMU SAHABAT YANG HEBAT

Biarlah pagi ini hujan lebat
lengkap dengan gelap
petir menyambar setelah kilat
deru menyerbu detak penuh harap

Haruskah hanya tiarap tak berhasrat
atau memang bingung tak berbuat
luka lara jangan lela ratap
diluar banyak menanti mengharap
ayun langkah senyum sumringah
bertutur ramah pasti berkah

Standar jangan terlalu diumbar
lembutkan hati penuh sabar
yakin Yang Maha Kuasa jangan pudar
pasti tersedia penggati untuk bersandar

Walau relung remuk
walau pikir lusuh terpuruk
walau badan tak lagi rasa karuan
namun yakin masih ada Rahmat Tuhan.

Salam hormat untuk seluruh Sahabat
berbagi kasih sayang sesama umat
saling salam penuh rahmat nikmat
Semoga kita selamat dunia akherat

Mohon maaf bila salah kata
LL02012015929AM

Puisi Sabarlah Sahabatku

Seakan tak henti uji dariMu
Berkali jua dialami
Berkali cinta yang menyakiti
Merajam hatimu..

Engkau sahabatku
Yang tlah berkali kali mengadu
Memaparkan curahan hatimu
Aku terkadang tak mampu merasakan sakitmu

Kuhanya bisa berkata sabarlah sahabatku
Mungkin dirimu tlah ditakdirkan jadi pesakitan cinta
Atau Allah tlah menjanjikan bahagia diakhiran cintamu nanti
Kuatkan jiwamu tuk menggandeng lara

Berkali kau hindari cinta
Karna ketakutanmu akan lara
Namun dirimu tiada daya
Dan sakit jua

Bengkulu,5/1/15

PUISI NASIHAT SAHABAT

Awan hitam membawa kegelapan
Jatuhkan tetes dari penyesalan
Sungguh, sesal tak ada guna kawan
Tak akan pernah kau temukan jawaban

Awan hilang, bawa pelangi senyuman
Bawa terang dari kebahagiaan
Sungguh, itu tak datang dari penyesalan
Usahalah pengundang kebahagiaan

Maka hapuslah tetes penyesalan
Mari bersama, maju hadapi hujan
Payungilah langkahmu dengan iman
Dan temukanlah pelangi impian


Puisi Sahabatku

Diamku coba artikan kata
pelajari makna
curahan hati sahabat tercinta

hati pilu dengar cerita sendu
tiada henti walau hari tlah berlalu
duka lara telah mjdi bumbu
akan cinta yg keliru

sahabat ...
Kisahmu sungguh dahsyat
membuatku semakin tersayat
ku berdoa semoga lekas tamat

jangan kau sesalkan hatimu
teruslah maju
hadapi semua yg menganggu
kuyakin bahagia khan menjemputmu...


PUISI SAHABAT

Indahnya bulan purnama jadi awal kita...
Merangkai simpul simpul cerita indah...
Disiang hari kita panggang diri..
Demi setitik cahaya 0bati hari..

Bagaikan terbangun dari alam mimpi..
Tiga tahun begitu cepat terlewati...
Terpisahkan oleh bulan juni..
Akhiri cerita indah awali kisah baru..

Kini ku tak tahu kau singgah dimana...
Tersiar berita...
Kau pergi dengan kereta tak berkuda..
Lewati mega..

Tersibak dihati..
Ada rasa ingin kembali..
Berbagi cerita..
0bati rindu..


PUISI GENGGAM TANGANKU SAHABAT

Ini tak biasa sahabat
Setiap saat rindu kupasang
Sedetik saja surut kugelisah

Ajarkan lagi sahabat
Saling berbagi
Saling menyayangi
Saling mengasihi

Tetap disini sahabat
Sinari hariku dengan do'amu
Gengam tanganku sahabat

Tetap disini sahabat walau indahnya segenggam
Kasih syang, do'amu sangat berti
Genggam tanganku sahabat

Tetep disini sahat
Senyummu buat kubahagia
Jangan biarkan air bening ini jatuh membasahi tanah
Genggam tanganku sahabat

Dan.....
Janganlah kau lepas


PUISI ANTARA SAHABAT

Luruh dalam pangkuan mahabbah
membagi kasih di antara pilah
di mana rasa di mana asa
memintal temali hasrat
antara gigil dan gelora

bak dedaunan terombang gugur membumi kering yang terkoyak
saat tak mampu memilah pun memilih. Oase menghampiri nalar membisik
“Gelora kan membakar, gigil kan membekukan” Okh…, menitip pesan pada sang angin

bertanya pada edaran musim berganti
mungkinkah para Rasul selalu bersuka
atawa para mujahid selalu bersenda
daku terpesona beku dan bara buana
lalai bahwasannya mesti bergegas Ya.., bani…!
laksana lentingan kita terpental
bak elastis diri berpendar di mayapada
kan bersama humus meranggas
kan terpenggal usia oleh waktu
haruskah memintal renda mimpi sedangkan dewanggi telah termotif


Puisi sebuah ungkapan untuk sahabat

ketika jiwa tak mampu untuk tenang
kalian selalu ada
untuk menenangkan
walau itu hanya sesaat

ketika otak tak mampu berfikir
kalian selalu memberi inspirasi
walau hanya sebesar debu

kalian lah yang membuatku sadar
yang mengingatkanku saat aku lupa
membangkitkanku saat aku terjatuh
menunjukkan jalan
saat aku tersesat

terimakasih sahabat
jangan pernah bosan
untuk mengingatkan
walau hanya satu kata
teruslah berkarya
tulisan kalian sangat berarti untukku


Demikianlah kumpulan puisi tentang sahabat. Simak/baca juga puisi sahabat terbaik yang lain, Semoga puisi tentang sahabat di atas dapat menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel puisi persahabatan selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update, Terima kasih sudah berkunjung.