Skip to main content

Puisi Sedih | Ratu Kesedihan

Puisi Sedih | Ratu Kesedihan
Puisi dan kata bijak. Puisi ratu kesedihan. Pengertian kesedihan adalah suatu emosi yg ditandai dengan perasaan tidak beruntung, Kesedihan dapat juga dipandang sebagai penurunan suasana hati kehilangan, dan ketidakberdayaan. yang biasa disertai dengan gangguan terhadap kemampuan untuk melakukan suatu kegiatan.

Dan menangis merupakan salah satu indikasi dari sesorang yang mengalami kesedihan. dan keesedihan adalah lawan dari kata kebahagiaan atau kegembiraan dan serupa dengan dukacita ataupun kesengsaraan.

Berkaitan dengan kata kesedihan, salah satu dari beberapa puisi dikesepatan ini, berjudul ratu kesedihan, adapun masing masing judul puisinya antara lain.
  1. Puisi harus berkata apa
  2. Puisi ratu kesedihan
  3. Puisi pilihan
Salah satu penggalan bait dari ketiga puisi tersebut. "Aku tercenung pada satu persimpangan, Ada dilema yang mendera, Antara kiri dan atau kanan, Aku tak dapat memilih diantaranya". Selengkapnya dari bait ini, disimak saja puisinya berikut ini.

PUISI RATU KESEDIHAN

Akulah ratu kesedihan
Jiwaku dekat dengan keletihan
Hatiku berbalut kehinaan
Dinafasku mengalir kepedihan

Tak sehari bahagia disampingku
Setiap hari ada saja penusuk hatiku
Pencipta air mataku
Perundung duka laraku

Akulah ratu kesedihan
Puas aku merasakan kedukaan
Tak beranjak api kemarahan
Selaalu menjadi tertuduh dari kesalahan

Akulah ratu kesedihan
Semoga kau puas dengan kenyataan
Karna jiwaku tlah biasa dengan hantaman
Karna akupun tlah merelakan hatiku kau jadikan rumah kedukaan

Semoga ini adalah pengorbanan
Pengorbanan yang tak berhujung
Hingga suatu saat tiba
Diri menutup mata.....

3anayana
5/10/2014


PUISI HARUS BERKATA APA

Aku harus berkata apa
Semua salah
Aku harus menjawab apa
Semua tak benar

Setiap hari bimbang dengan sikapmu
Setiap saat kau tampar aku dengan tuturmu
Aku menjadi bintang salah bagimu
Hatiku penuh dengan kidung keresahan karnamu

Dirimu posesif
Itulah kenyataanya
Dirimu egois
Itulah faktanya

Hatiku selalu digunjing pilu
Berteman bisikan bisikan sendu
Menyatu diguratan guratan penuh paku
Yang siap menusuk kalbuku bila tak sesuai inginmu...

Aku harus berkata apa??
Hatimu sungguh berbisa
Selalu mengumbar luka disetiap kalimatnya
Haruskah kudiam dan membisu seribu bahasa.......

Ku ingin sekali saja
Kataku kau beri harga
Kau dengar dan amati maknanya
Hingga kau temui arti benarnya....

Buanglah egomu
Aku tak sedikitpun memendam
dendam dihatiku
Kuselalu paham dengan hatimu
Yang begitu takut kehilanganku....

Sabar ini
Kurajut dihati
Kutenun disanubari
Kuharap indah disuatu hari nanti....

3anayana
6/10/2014


PUISI PILIHAN

Harus menentukan sikap
Menjulurkan hati pada kepastian
Hidup adalah pilihan
Yang menentukan lajunya kehidupan

Aku tercenung pada satu persimpangan
Ada dilema yang mendera
Antara kiri dan atau kanan
Aku tak dapat memilih diantaranya

Dikiri jalan kumelihat sebuah pengharapan
Ada ba'it ba'it cerita kenangan
Ada impian mengarung indahnya kehidupan
Karna ada insan penuh cinta menantiku disana...

Dikanan jalan jalurku lurus dan pasti
Ada masa depan cerah menanti
Hidup dijenjang prestasi
Menoreh hidup penuh materi karna daya diri

Aku harus pilih yang mana
Jalur keduanya sangat kupuja
Aku sungguh tak ingin salah menentukannya
Cinta dan masa depan........

Pilihan hidup harus kuberi
Ku tak ingin terjebak pada dilema
Kuingin hidup sempurna
Kuingin bahagia. .

3anayana
7/10/2014


Demikianlah Puisi ratu kesedihan. Baca juga puisi yang lain yang ada di blog ini, semoga menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.